Kanal kami: rizensia ~ HYPE ~ OTO

Seperti Ini Kecanggihan Pabrik Milik VinFast Dari Vietnam

Assalamu'allaikum....
Pabrik Kendaraan Milik VinFast

rizensiaOTO - Pabrikan mobil asal Vietnam, VinFast pada awal tahun 2022 mereka mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi model mobil bensin pada akhir tahun ini, mereka ingin fokus 100% pada produksi kendaraan listrik.

Bahkan VinFast mengumumkan dan akan memperkenalkan 6 model mobil listrik pertama termasuk VF e34, VF e35 (VF8), VF e36 (VF 9), VF5, VF 6, VF 7, dengan visi untuk menjadi merek mobil listrik pintar. revolusi kendaraan listrik global. 

Nah untuk mendukung visi tersebut, VinFast telah membangun fasilitas pabrik kendaraan yang canggih, dimana kompleks Pabrik VinFast (Hai Phong) akan menjadi tempat untuk memproduksi ribuan model kendaraan listrik global merek VinFast. Kompleks pabrik VinFast berkapasitas 3.000 bus listrik/tahun, 250.000 sepeda motor listrik/tahun pada tahap 1, ditingkatkan menjadi 500.000 kendaraan/tahun pada tahap 2 dan dapat diperluas menjadi 1 juta kendaraan/tahun. 

Sedangkan untuk mobil, kapasitas pabrik mereka adalah 250.000 kendaraan/tahun pada tahap 1, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas menjadi 950.000 kendaraan/tahun pada tahun 2026.

Bahkan tingkat otomatisasi dipabrik VinFast sangat tinggi dengan 1.200 robot, bengkel bodi otomatis 98%, bengkel mesin otomatis 90%. Berikut ini gambaran kecanggihan pabrik yang dimiliki oleh VinFast milik Vietnam:

Pabrik Produksi

Di area produksi mobil terdapat bengkel stamping seluas 50.000 m2 dengan kapasitas stamping 16 part per menit. Di sini, pemantauan proses produksi akan mengikuti teknologi perusahaan SCHULER (Jerman), data parameter teknis pabrik Stamping dikumpulkan secara online selama proses produksi dari peralatan yang dipasang di jalur. Dengan terus membandingkan parameter aktual dengan spesifikasi standar, gambaran status produksi dan masalah teknis diidentifikasi, solusi diusulkan dan diterapkan secara tepat waktu, memastikan kuantitas dan kualitas kuantitas produk.

Selain itu, diagnostik cerdas di pabrik Stamping bekerja seperti kotak hitam di pesawat terbang: Data spesifik disimpan secara otomatis terus menerus. Jika terjadi kerusakan atau kegagalan, analisis retrospektif dapat dilakukan untuk menentukan penyebabnya, misalnya kegagalan perangkat lunak atau bagian dari mesin atau saluran.

Bengkel stamping

Diagnostik cerdas di pabrik Stamping

Tangan Robot Pabrik VinFast

Mesin stemping besar

Bengkel stamping dengan banyak crane dan ratusan set beton.

Bengkel Las Bodi

Bengkel las bodi meliputi area seluas 100.000 m2, kapasitas 38 kendaraan/jam. Bengkel las bodi VinFast dirancang dan dipasok oleh mitra terkemuka seperti FFT, EBZ, HIROTEC, dilengkapi dengan sekitar 1200 robot yang diproduksi oleh ABB. Saat dioperasikan, ini adalah pabrik pengelasan bodi paling modern dan otomatis di Vietnam dan Asia Tenggara.

Pabrik pengelasan bodi paling modern dan otomatis di Vietnam dan Asia Tenggara.

Bengkel Cat

Bengkel cat meliputi area seluas 25.000 m2, kapasitas produksi lebih dari 800 kendaraan/hari. Sistem manajemen udara cerdas EcoSmart VEC Dürr dari Republik Federal Jerman beroperasi sepenuhnya secara otomatis, menyediakan energi sesuai permintaan melalui pencatatan parameter aktual dalam produksi. Teknologi ini membantu secara signifikan mengurangi jumlah gas dan listrik yang dikonsumsi saat mengeringkan kendaraan yang baru dicat.

Lini pengecatan mencakup teknologi otomatisasi: sistem pelapisan minyak dan bubuk teknologi Ro-Dip, sistem robot penyemprotan lem pengenalan gambar VMT, dan robot pengecatan otomatis generasi baru Dürr.

Aplikasi teknologi 4.0 lainnya adalah EcoEMOS Control System yang menyediakan fungsi uji cerdas seperti uji katup, rem, atau pompa. Karena status aktual dan semua detail peralatan yang dipasang di jalur cat diperiksa dan diperbarui secara online, termasuk menampilkan hasil menggunakan fungsi lampu lalu lintas. Ini memudahkan departemen pemeliharaan pabrik cat untuk mengetahui dan mengganti katup yang diperlukan tepat sebelum teknis dapat terjadi masalah yang harus menghentikan produksi.

Bengkel cat mencakup area seluas 25.000 m2

Bengkel cat otomatis

Teknologi 4.0 lainnya adalah EcoEMOS Control System

Pengecatan body plastik

Pabrik Enggine dari VinFast

Pabrik mesin meliputi area seluas 50.000 m2. Bengkel ini dirancang dan dipasok oleh mitra seperti GROB, Thyssenkrupp, AVL, MAG, menggunakan teknologi mekanis presisi terbaru untuk memproses kepala Engine, Bodi engine, dan Poros Engkol Engine.

Selain itu, bengkel juga memiliki jalur pemeriksaan kualitas mesin (Uji panas dan uji dingin) untuk memastikan 100% kualitas produk terkontrol dari sumbernya. Mesin pemesinan dilengkapi dengan teknologi 4.0 dengan banyak fitur seperti: real-time control status mesin melalui smartphone, remote control di malam hari atau di akhir pekan, analisis real-time kegagalan mesin, dll adalah mesin merek Grob di pabrik.

Pabrik Enggine

Pabrik Enggine

Pabrik Perakitan

Baterai di bagian bawah VF8 dipasang rantai suspensi, yang merupakan tahap terakhir ketika mobil selesai memasang bodi dan powertrain. Model VF8 pada lini ini adalah versi Eco, dilengkapi dengan motor listrik berkapasitas 260 kW, torsi 500 Nm, baterai yang mampu membantu menempuh 400km setiap kali pengisian daya.

Mobil listrik VinFast berada di jalur uji akhir, sebelum diuji di jalur uji di pabrik. Area lintasan uji di pabrik VinFast Hai Phong sepenuhnya mensimulasikan situasi permukaan jalan selain lalu lintas sebenarnya.

Bengkel perakitan

Tahap Pengujian

Mobil listrik VinFast berada di jalur uji akhir, sebelum diuji di jalur uji di pabrik. Area lintasan uji di pabrik VinFast Hai Phong sepenuhnya mensimulasikan situasi permukaan jalan selain lalu lintas sebenarnya.

Tahap pengujian

8 bulan sejak pre order dibuka, pada 10 September, VinFast menyerahkan 100 mobil listrik pertama di Vietnam. Perusahaan mengatakan bahwa pada awal November nanti, sekitar 5.000 unit VF 8 akan diekspor ke AS, Kanada dan Eropa, ini merupakan sejarah yang penting untuk industri otomotif Vietnam.

Source:
https://soha.vn/tan-muc-day-chuyen-san-xuat-250000-xe-dien-vinfast-moi-nam-20220912230912893.htm

Posting Komentar

© rizensiaOTO. All rights reserved. Developed by Jago Desain